Acara Penutupan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Tahun 2019

Sukabumi (Staimas) - Tidak terasa 1 bulan telah dilalui oleh kedua kelompok KPM di desa Citamiang dan di desa Purabaya. Kedua kelompok tersebut telah melaksanakan pengabdian masyarakat dengan program-program yang telah oleh kedua kelompok tersebut.

Pada hari kamis tanggal 29 Agustus 2019 Pukul 13.30 WIB dilaksanakan acara penutupan dan perpisahan mahasiswa peserta KPM di Aula Kecamatan Purabaya. Yang dihadiri oleh Sekertaris Kecamatan Purabaya.

Kegiatan penutupan dan perpisahan mahasiswa peserta KPM diawali dengan Simposium dari ketua kelompok KPM desa Purabaya disampaikan oleh Asep Awaludin. Ia menyampaikan program-program yang telah dicapai selama 1 bulan diantaranya: yang pertama berpartisifasi dalam kegiatan-kegiatan yang ada di desa purabaya seperti berpartisifasi dalam acara HUT Kemerdekaan RI yang ke 74, acara HUT Pramuka yang ke 58, dan acara pembagian daging qurban, membuka les privat dari senin sampai sabtu di posko KPM. Simposium yang kedua disampaikan oleh Gumelar Nandarsyah, selaku ketua kelompok KPM desa Citamiang. Ia menyampaikan pencapaian program-program selama 1 bulan diantaranya yang pertama berpartisifasi dalam kegiatan-kegitan yang ada di desa Citamiang seperti acara HUT Kemerdekaan RI yang ke 74, gotong royong / kerja bakti, dan penyaluran BNPT (Bantuan Pangan Non Tunai). Kedua, mengadakan pembelajaran mengaji setelah selai sholat maghrib di madrasah. Ketiga, menciptakan pojok baca atau perpustakaan portable bagi anak-anak SMP Terbuka Al Bina Kampung Hegar Manah, Desa Citamiang. Dan terakhir, mengadakan les Bahasa Inggris setiap senin dan kamis sore bagi anak-anak dan remaja yang bertempat di posko KPM.

Setelah penyampaian simposium kedua kelompok tersebut kemudian dilanjut penayangan video dokumenter kegiatan KPM dari setiap kelompok yang diliput dari kegiatan awal sampai kegiatan terakhir. Setelah penayangan video dokumenter, dilanjut penyampaian sambutan-sambutan yang pertama dari Bapak Khoerudin M.Pd selaku PK III Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Mas'udiyah, beliau menyampaikan terimasakih kepada 2 desa yang dijadikan tempat berlangsungnya kegiatan, dan permohonan maaf apabila kegiatan KPM ini sedikit banyaknya mengganggu aktifitas yang berlangsung.

Tak lupa kepada mahasiswa pun beliau menyampaikan bahwa ketika kegiatan KPM ini selesai tugas para mahasiswa masih belum selesai masih ada tugas skripsi yang harus diselesaikan. Sambutan yang kedua dari Sekertaris Kecamatan purabaya, beliau menyampaikan rasa terimakasih kepada mahasiswa KPM STAIMAS atas segala pengabdian dan pemberdayaan yang sudah dilaksanakan didua desa Kecamatan Purabaya. "Semoga semua yang dilaksanakan dijadikan sebagai pembelajaran kepada Mahasiswa dan kemanfaatan bagi warga kedua desa tersebut", ujarnya.

Kegiatan Penutupan dan Pelepasan diakhiri dengan acara mushafahah sebagai tanda Mohon maaf dan terima kasih. (Emi - Tim Redaksi STAIMAS)

Untuk melihat dokumentasi suasana Acara Penutupan KPM tersebut, silakan klik tautan dibawah ini :