Sekolah Tinggi Agama Islam Al Mas'udiyah (STAIMAS)

A. Sejarah Singkat, Tahun Berdiri dan SK Pendirian

Sejalan dengan perkembangan lembaga pendidikan dilingkungan Yayasan Al-Mas'udiyah Sukabumi, yang diawali dari pendidikan Raudatul Athfal (taman kanak-kanak), Madrasah Diniyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, maka pada tahun 2000 didirikan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Mas'udiyah (STAIMAS) yang telah dipersiapkan secara bertahap dari sejak pendirian bangunan fisik untuk perkuliahan dan sarana penunjang kampus, seperti Masjid dan perumahan staff di areal kampus kurang lebih 2000 meter persegi serta mengacu kepada Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 53 tahun 1994, tentang Pedoman Perguruan Tinggi Swasta.

Yayasan Al-Mas'udiyah berkedudukan di Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, sebagai organisasi induk yang bergerak dibidang pendidikan, pesantren salafiyah, dakwah dan sosial kemanusiaan, berkembang dengan alami menjadi pemukiman para santri (kompleks kampus pendidikan) yang terbuka dengan fasilitas yang memadai dimana secara sosial ekonomi didukung oleh adanya Koperasi Pondok Pesantren Al-Mas'udiyah, yang melayani kebutuhan pokok masyarakat lingkungan sampai tingkat kecamatan.

Dalam Suasana pendidikan formal dan non formal yang kondusif tersebut dalam bimbingan KH. Syaikh Ibnu Mas'ud R. Didi Djajadinata, menyadari sepenuhnya untuk menyediakan jenjang pendidikan Sekolah Tinggi dalam menunjang kebutuhan dan hasrat masyarakat terutama dari Desa-desa sekitar Kecamatan Nyalindung Khususnya, umumnya masyarakat Sukabumi, maka setelah melakukan orientasi, baik persiapan kelengkapan akademika maupun pembinaan akademika pada IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Musaddadiyah Garut dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sutaatmadja Subang.

Selanjutnya, Yayasan Al-Mas'udiyah melalui surat keputusan nomor 03/YAM/B/VII/99/ Tanggal 19 Agustus 1999 mengajukan pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Mas'udiyah, untuk fakultas Syari'ah dengan program studi Muamalah dan fakultas Tarbiyah program studi Pendidikan agama Islam. Akhirnya melalui proses penyelesaian kelengkapan administrasi, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Mas'udiyah memiliki ijin penyelenggaraan dari Departemen Agama pada waktu itu melalui keputusan Direktur Jenderal Binbaga Islam Departemen Agama RI Nomor Dj.II/45/03 tertanggal 04 April 2003, yang kemudian masa ijin penyelenggaraan pendidikan diperpanjang/diperbaharui dengan Surat Keputusan dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor Dj.I/362/2009.

STAI Al-Mas'udiyah Sukabumi menyadari bahwa dalam proses penyelenggaraan pendidikan tinggi dibidang ilmu agama dan kemasyarakatan ini ditentukan oleh korelasi antara jumlah dan mutu edukatif, tenaga penunjang, mahasiswa, sarana dan prasarana lainnya. Hal ini erat kaitannya dengan peningkatan daya tampung, peningkatan produktifitas serta peningkatan kemampuan untuk berkembang. Oleh karenanya, STAI Al-Mas'udiyah Sukabumi telah diakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2010 yang lalu dengan predikat nilai B untuk masing-masing program studi. Untuk lebih lengkapnya riwayat akreditasi STAI Al-Mas'udiyah Sukabumi hingga tahun 2017 dapat dilihat disni.

STAI Al-Mas'udiyah Sukabumi dalam pelaksanaan dan implementasinya, dikelola oleh seorang Ketua yang dibantu oleh para Pembantu Ketua, dan unsur Pimpinan Program Studi yaitu Ketua dan Sekertaris Program Studi dan Tenaga Pengajar (Dosen) serta ditunjang oleh Unit Penunjang Akademik yang meliputi Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), kepala Lembaga Pengembangan Bahasa Language Development Center (LDC), Kepala Unit Pelaksanaan Teknis (UPT), Perpustakaan, Kepala Bagian Administrasi serta unsur pembantunya yaitu : Kepala Sub Bagian Administrasi dan Keuangan (BAK), Kepala Sub Bagian Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni (BA2KA), Kepala Sub Bagian Administrasi Umum dan Kepegawaian (BAUK) serta Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi (BPSI).

B. Visi

"Visi yang dijadikan acuan untuk masa yang akan datang yaitu menjadikan STAI Al-Mas'udiyah Sukabumi sebagai PTAI terkemuka dalam pengembangan kualitas keilmuan dan kepribadian yang bernafaskan Islam yang integratif dengan dinamika lingkungan dan kemajuan zaman".

C. Misi

  1. Mengantarkan mahasiswa menjadi sarjana muslim yang memiliki keluasan ilmu keislaman, kematangan profesional, kedalam akidah, keluhuran akhlak dan kelembutan hati.
  2. Mengembangkan ilmu-ilmu keislaman melalui pengkajian dan penelitian yang bermanfaat bagi perkembangan cakrawala pemikiran dan memberi kontribusi terhadap konsep-konsep pemberdayaan dan pengembangan masyarakat.
  3. Memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat beriman melalui pengabdian masyarakat yang lebih profesional sesuai dengan tingkat perkembangan dan dinamikan masyarakat.

D. Tujuan

  1. Meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, berkepribadian, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas dan terampil serta sehat jasmani dan rohani.
  2. Menumbuhkan dan memperdalam rasa cinta Tanah Air, mempertebal semangat kebangsaan dan rasa kesetiakawanan sosial.
  3. Menumbuhkan rasa percaya pada diri sendiri serta sikap dan perilaku yang inovatif dan kreatif.
  4. Memberikan kesempatan belajar dan kesempatan meningkatkan keterampilan bagi anak yang berasal dari daerah/bertempat tinggal di daerah terpencil.
  5. Memperhatikan dan mengembangkan anak didik yang berbakat istimewa sesuai dengan tingkat pertumbuhan pribadinya.
  6. Meningkatkan penulisan, penerjemahan serta penyebaran buku karya ilmiah dan hasil penelitian di dalam maupun di luar negeri dalam rangka pengembangan dan memasyarakatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  7. Membina dan mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  8. Menciptakan suasana lingkungan kampus yang sehat jasmani dan rohani.

E. Lambang

    Logo STAIMAS

    STAIMAS memiliki lambang yang terdiri dari unsur-unsur dengan inti pengertian sebagai berikut:

    Bentuk Segi Lima melambangkan lima Rukun Islam dan/atau Lima Sila dalam Pancasila sebagai dasar untuk mempertahankan, menghayati, dan melaksanakan Pancasila sebagai dasar negara.

    Bentuk huruf M besar mengandung arti inisial dari Yayasan Al Mas'udiyah, dan lambang huruf M disini adalah sebagai nama Badan Pembina Pendidikan (Yayasan Al-Mas'udiyah).

    Sayap mempunyai arti : sebagai lembaran buku yang melambangkan ilmu pengetahuan dan medan pengkajian.

    Bulatan Tengah mempunyai arti : melambangkan objek pengkajian, dan yang menjadi objek disini adalah manusia dalam pengembangan pendidikannya.

    Batang Tubuh mempunyai arti : bahwa Yayasan Al-Mas'udiyah sebagai Pembina Lembaga Sekolah Tinggi Agama Islam, dan Batang Tubuh melambangkan Dasar Negara Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

    Pohon Beringin kecil melambangkan bahwa Al Mas'udiyah mengayomi.

    Dua Garis Penyangga seperti kaki mempunyai arti : melambangkan Iman dan Islam sebagai penunjang dalam upaya menjalankan pengabdian Yayasan Al-Mas'udiyah.

    Bola dunia melambangkan arti pendidikan untuk semua tanpa dibatasi wilayah.