Pembukaan dan Serah Terima Mahasiswa Peserta KPM 2019 Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Mas'udiyah

Sukabumi (Staimas) - Sebagai salah satu syarat utama bagi mahasiswa STAIMAS agar bisa mengikuti sidang sarjana adalah mahasiswa diwajibkan mengikuti Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) dimana Kuliah ini memiliki nilai 4 SKS. Pada hari Kamis, tanggal 01 Agustus 2019, STAIMAS kembali mengadakan KPM yang diikuti oleh 39 Mahasiswa dari Prodi PAI dan HES dengan tujuan pengabdian pada 2 desa, yaitu Desa Purabaya dan Desa Citamiang.

Mahasiswa peserta KPM diserahkan langsung oleh Rektor STAI Al-Mas'udiyah kepada Sekertaris Kecamatan Purabaya di Aula Kecamatan Purabaya. Para peserta KPM terdiri dari 20 mahasiswa program studi Hukum Ekonomi Syari'ah (HES) dan 19 mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Pada kegiatan KPM kali ini para mahasiswa dipecah menjadi 2 kelompok dimana kelompok pertama yang diketuai oleh Asep Awaludin (HES) ditempatkan di Desa Purabaya yang beranggotakan 8 mahasiswa prodi HES dan 10 mahasiswa prodi PAI sedangkan kelompok kedua diketuai oleh Gumelar Nandarsyah (HES) yang beranggotakan 10 mahasiswa prodi HES dan 9 mahasiswa prodi PAI ditempatkan di Desa Citamiang.

Kegiatan KPM ini dilangsungkan hingga tanggal 30 Agustus 2019 dengan beberapa program kerja diantaranya yaitu mengadakan Perayaan Hari Besar, Bakti Sosial, membangun sarana/prasarana serta pengajian dan bertujuan antara lain untuk mencari keluhan dan hambatan yang terjadi di masyarakat untuk dilaporkan kepada pemerintah setempat sehingga dapat segera di selesaikan. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mengamalkan ilmu yang selama ini telah diterima di bangku perkuliahan agar mahasiswa dapat menggunakannya sebaik mungkin untuk mengabdi kepada masyarakat, Sehingga mahasiswa memiliki rasa peduli sosial dan gotong royong yang tinggi terhadap lingkungan di sekitarnya dengan rasa toleransi yang tinggi tanpa membeda-bedakan agama, ras, suku, bahasa, dan latar belakang seseorang. (Sofie - Tim Redaksi STAIMAS)

Untuk melihat dokumentasi rangkuman kegiatan KPM tersebut, silakan klik tautan dibawah ini :