Kemenag Gelar STQ Nasional di Kalimantan Utara

Jakarta (Kemenag) - Kementerian Agama akan kembali menggelar Seleksi TIlawatil Quran (STQ) tingkat Nasional. Event dua tahunan ini akan diselenggarakan di provinsi termuda, Kalimantan Utara.

Direktur Penerangan Agama Islam (Penais) Ditjen Bimas Islam Khoiruddin saat menyampaikan loporan kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, STQ Nasional akan berlangsung dari 14 - 21 Juli 2017. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan hadir. Selain itu, STQ juga akan dihadiri perwakilan negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.

Menurut Khoiruddin, persiapan STQ Nasional telah mencapai 90%. Hingga saat ini, telah ada 471 peserta dari 34 provinsi yang terkonfirmasi akan turut serta dalam ajang STQ Nasional. Ajang ini juga akan dimeriahkan dengan gelaran seni melayu.

Meski Kaltara merupakan provinsi baru, Khoiruddin mengaku optimis pelaksanaan STQ Nasional tahun ini akan berjalan lancar. "Tanggal 5 Juli mendatang saya akan terbang ke Tarakan untuk mengecek persiapan akhir STQ," ujarnya di Jakarta, Senin (03/07).

Sebagai bagian persiapan, Khoiruddin terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Luar Negeri. Menurutnya, STQ Nasional merupakan gelaran yang melibatkan instansi-instansi lain.

"Melalui STQ, peserta diharapkan tidak hanya pandai membaca Al-Qur'an, namun juga dapat mengamalkannya di dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Menag menyoroti tentang profesionalitas dewan hakim. Menag berpesan agar komposisi dewan juri dapat mengakomodir seluruh ulama ahli Al-Quran, tidak terbatas pada ulama-ulama tertentu saja. (Didah/Choiron - http://kemenag.go.id)