Wawancara : Kang Asep Awaludin - Ketua Kelompok KPM Di Desa Purabaya

Sukabumi (Staimas) - Pada hari senin (12/8), Tim Redaksi STAIMAS menyempatkan diri untuk berkunjung ke 2 lokasi KPM yang terletak di Desa Purabaya dan Desa Citamiang untuk mengetahui dan mencoba meliput kegiatan para mahasiswa/i peserta KPM tahun 2019 ini.

Lokasi KPM pertama yang dikunjungi adalah Desa Purbaya. Kedatangan Tim Redaksi ke lokasi sekitar pukul 10.30 WIB disambut cukup hangat oleh peserta KPM yang mengontrak rumah di pinggir jalan raya yang mudah djangkau oleh TIM Redaksi.

Untuk megetahui lebih jauh tentang kegiatan KPM di Desa Purabaya, Tim Redaksi mewawancara Ketua Kelompok KPM Desa Purabaya yaitu Kang Asep Awaludin - yang akrab disapa Kang Alud - dan mengutus seorang Tim Redaksi untuk meliput kegiatan KPM yang saat itu sedang berjalan kegiatan bimbingan dari peserta KPM di SMPT Al Bina.

Menurut penuturan Kang Alud, yang merupakan mahasiswa pada Prodi HES, jumlah mahasiswa yang mengikuti KPM di Desa Purabaya berjumlah 19 mahasiswa yang akan melalukan beberapa program kerja di Desa Purabaya selama 30 hari kedepan. Adapun program yang direncanakan akan dikerjakan di Desa Purabaya adalah pertama, Program Sosialisasi - peserta KPM memperkenalkan diri dan menyampaikan maksud tujuan KPM di Desa Purabaya ini kepada lembaga-lembaga pemerinatahan yang ada di Desa Purabaya - dimana program ini dilakukan pada minggu pertama. Program kedua adalah Program Realisasi - merealisasikan program pertama - yang dilakukan pada minggu kedua. Pada minggu ketiga, akan dilakukan Program Pengembangan dan di minggu terakhir adalah Program Finising, yang semua program ini mengacu kepada pedoman kampus, yaitu setiap kelompok KPM harus melakukan dan mengaplikasi Program Partisipatif dan Inovatif.

Program-program secara detilnya, jelas Kang Alud, para mahasiswa sampai saat ini sudah melaksanakan program pemberian les kepada anak2, membantu DKM Al Huda dalam pemotongan dan pembagian hewan qurban 1440 H, membantu program sekolah di SMPT Al Bina dan ikut berpartisipasi dalam acara memperingati HUT RI Ke 74.

Hingga saat ini, tambah Kang Alud, telah banyak manfaat yang didapat oleh para mahasiswa, khususnya dalam pribadi Kang Alud - yang mempunyai moto hidup "Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Sebuah Perjuangan" - dengan diadakannya KPM ini, timbul rasa kekeluargaan diantara para peserta KPM dan berharap dengan diadakannya KPM ini, para peserta KPM mempunyai 'bekal' saat nanti terjun ke masyarakat dan mengapliaksikan ilmu yang didapat selama belajar di Kampus STAIMAS.

Dan sebagai akhir dari wawancara ini, Kang Alud menyampaikan harapannya bahwa selepas terselenggaranya KPM ini, seluruh peserta KPM dapat menjadi mahasiswa yang sebenarnya dengan keintelektualan yang tinggi dan berusaha sebisa mungkin untuk memberikan nama baik STAI Al Mas'udiyah di masyarakat. Dan hal ini pun cukup terbukti dari lulusan STAIMAS banyak yang mengajar di SMPT Al Bina dan bekerja pada lembaga-lembaga pemerintahan di Purabaya. (Cici - Tim Redaksi STAIMAS)

Revisi :

Disaat berita ini diterbitkan, kami menulis sapaan akrab Kang Asep Awaludin adalah Kang Alun, yang seharusnya Kang Alud. Kami mohon maaf atas kesalahan ini.



Untuk melihat dokumentasi kegiatan KPM di Desa Purabaya tersebut, silakan klik tautan dibawah ini :