Wawancara : Kang Abdul Lathief - Wakil Ketua Kelompok KPM Di Desa Citamiang

Sukabumi (Staimas) - Setelah dijamu makan siang di lokasi KPM Desa Purabaya, TIM Redaksi STAIMAS melanjutkan kunjungannya ke lokasi KPM di Desa Citamiang, dimana posisi Posko KPM berjarak kurang lebih 3 Km dari jalan raya. Sebagaimana di Desa Purabaya, Tim Redaksi disambut cukup hangat oleh para mahasiswa/i peserta KPM.

Kang Abdul Lathief - selaku Wakil Ketua Kelompok - mewakili Ketua Kelompok yang saat itu sedang tidak berada ditempat menjelaskan kepada Tim Redaksi mengenai program dan kegiatan para mahasiswa/i di Desa Citamiang.

Menurut Kang Abdul sejauh ini kegiatan berjalan lancar, karena di minggu pertama, para mahasiswa/i sudah bersosialisasi ke desa dan beberapa dusun yang ada dan mendapat respon yang baik dari pengurus daerah setempat. Adapun kegiatan yang sudah dan sedang berjalan adalah menumbuhkan minat baca pada anak-anak dengan mengadakan Pojok Baca di sekolah tingkat pertama SMP dan MTs setempat, mencoba untuk mengaktifkan kembali kegiatan masyarakat setempat yang saat ini vakum, seperti mengaktifkan kembali kegiatan ronda dengan mendirikan pos ronda, mengadakan bakti sosial, membuat gapura dan mengadakan perlombaan-perlombaan dalam rangka HUT RI Ke74 di dekat Kantor Desa dan pada malam harinya mengajar anak-anak setempat untuk mengaji dan membuat nama-nama jalan atau petunjuk jalan di dusun-dusun sekitar.

Mengenai kendala hingga saat ini, Kang Abdul menjelaskan, tidak ada kendala serius yang dihadapi atau yang menghambat, dikarenakan respon dari masyarakat setempat sangat baik dengan kehadiran kelompok KPM, hanya saja tempat kegiatan menempuh jarak yang cukup jauh antar kampung setempat dengan kantor desa dan minimnya akses internet sehingga kurang mendukung untuk berbagi informasi ataupun mengekspos kegiatan.

Sebagai penutup, Kang Adul menambahkan, disamping hal-hal yang sudah disebut diatas, banyak sekali manfaat yang dihasilkan baik dari KPM sendiri maupun dari kegiatan ditengah masyarakat salah satunya bisa mendapat pengalaman berharga,saling mengenal karakter masing-masing dari para peserta KPM, saling memotivasi agar kegiatan KPM ini dapat berlangsung dengan lancar. (Cici - Tim Redaksi STAIMAS)


Untuk melihat dokumentasi kegiatan KPM di Desa Citamiang tersebut, silakan klik tautan dibawah ini :