Pentingnya Kunjungan Studi Lapangan Mahasiswa STAI Al-Mas'udiyah Ke Pengadilan Agama Sukabumi

Sukabumi (Pengadilan Agama) - Peradilan Agama merupakan salah satu lembaga negara yang berperan penting dalam menyelesaikan sengketa di bidang perkawinan, waris, wasiat, zakat, infak, sedekah, dan wakaf. Untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional, STAI Al-MAs'udiyah Sukabumi rutin mengadakan kunjungan studi lapangan ke Pengadilan Agama Sukabumi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang keilmuan dalam dunia peradilan Agama secara tataran empiris.

Dalam kunjungan tersebut, mahasiswa berkesempatan untuk mewawancarai beberapa petugas Pengadilan Agama Sukabumi, seperti hakim, panitera, panitera pengganti, dan juru sita. Mahasiswa juga menyaksikan langsung jalannya persidangan. Kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa, di antaranya:

• Membandingkan teori yang dipelajari dalam bangku kuliah dengan realita pelaksanaannya langsung di lapangan. Mahasiswa dapat melihat secara langsung bagaimana teori-teori yang mereka pelajari dalam mata kuliah Hukum Acara Peradilan Agama, Hukum Keluarga Islam, dan Hukum Waris Islam, diterapkan dalam praktik persidangan.

• Meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang peran dan fungsi Pengadilan Agama. Mahasiswa dapat memahami secara langsung bagaimana Pengadilan Agama menjalankan tugas dan fungsinya dalam menyelesaikan sengketa di bidang perkawinan, waris, wasiat, zakat, infak, sedekah, dan wakaf.

• Mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat. Mahasiswa berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan petugas Pengadilan Agama dan para pihak yang berperkara. Hal ini dapat membantu mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan komunikasi dan interaksi sosialnya.

Kunjungan studi lapangan ini merupakan bentuk kerjasama yang baik antara STAI Al-MAs'udiyah Sukabumi dengan Pengadilan Agama Sukabumi. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.